facebooklogocolour

Ahok dan Pertarungan Faksi-faksi Borjuis Indonesia

ahok vonisDi tengah tontonan politik ini, kelas proletariat akan menarik satu kesimpulan, dan hanya satu kesimpulan, bahwa demikianlah kebusukan dari demokrasi borjuasi. Politik borjuasi dengan drama-drama kotornya, kemunafikannya, segala tipu dayanya, berbagai jebakannya, semua ini harus dibuang ke tong sampah sejarah.

Bukan Usir TKA Cina, Tetapi Usir Kapitalisme!

Aksi lawan PP PengupahanKeteguhan mempertahankan prinsip persatuan kelas buruh yang tidak memandang suku, ras, nasion, dan agama, walau hari ini tampak tidak praktis, akan membangun fondasi gerakan buruh yang lebih kokoh dan militan di hari depan ketika massa buruh mulai bergerak lagi. Alih-alih terseret pada gelombang reaksi ini,  tugas bagi lapisan termaju kaum buruh adalah mengedepankan persatuan kelas dan menunjukkan siapa musuh sebenarnya yang dihadapi: para pemilik modal - asing maupun domestik - serta pelayan-pelayan setia mereka entah dalam pemerintah maupun serikat buruh.

Editorial: Tugas Kita di Tahun 2017

editorial2017Tahun 2016 telah berlalu dan kini kita memasuki tahun yang baru. Tetapi peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam setahun terakhir menunjukkan bahwa apa yang nampaknya berlalu tidak akan berhenti begitu saja, tetapi justru semakin menuju pada sebuah titik, yakni krisis kapitalisme yang semakin akut.

Revolusi Nasional yang Tak Kunjung Selesai

revolusi nasionalKaum revolusioner dituntut untuk bisa memahami nasionalisme, bukan supaya kita bisa menjadi nasionalis yang lebih baik, tetapi supaya kita bisa menghindari perangkap nasionalisme, karena kaum revolusioner bukanlah nasionalis – dalam kapasitas apapun – tetapi seorang internasionalis.

Perspektif Awal untuk Perjuangan Pembebasan Nasional Papua

Aksi Papua 19 Sept 2016Tidak mudah untuk memberikan penilaian teoritik terhadap perjuangan pembebasan nasional Papua dengan situasi obyektifnya yang sangat spesifik dan kompleks. Tapi sudah menjadi tugas kaum revolusioner untuk memberikan penilaian teoritik yang tepat terhadap bentuk-bentuk baru perjuangan yang lahir dari kehidupan, sebagai panduan untuk aksi revolusioner.

Buruh dan Pilkada 2017

pilkadaDengan semakin dekatnya Pilkada serentak 2017, buruh dihadapkan dengan pertanyaan seputar keterlibatan mereka dalam "festival demokrasi" ini.