facebooklogocolour

Editorial: May Day pada Persimpangan Jalan Dunia

370a94386c6ePerayaan May Day tahun ini mengandung banyak makna bagi gerakan buruh. Pertama, tahun 2017 adalah 100 tahun peringatan Revolusi Oktober, yakni sebuah revolusi megah di tanah Rusia yang meletakkan kaum buruh ke tampuk kekuasaan. Kedua, tahun 2017, walau baru saja dimulai, telah menjadi saksi atas gejolak-gejolak politik tanpa preseden yang menggegerkan tatanan dunia.

Mengapa Kita Harus Mengenal (Karya) Pramoedya Ananta Toer

pramoedyaBerikut adalah ringkasan materi yang disampaikan oleh Yohana Ilyasa dari Militan Indonesia dalam acara diskusi “Pramoedya, Dalam Perspektif Perempuan” yang digelar oleh Taman Baca Kesiman-Bali (7/2).

Buruh Gresik Melawan: Refleksi Aksi 20 Desember dari Seorang Buruh

Buruh gresik Aksi 20 Des 1Pada 20 Desember 2016 massa buruh Gresik dalam jumlah kurang lebih 1000 turun ke jalan untuk menuntut penetapan UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten) 2017 yang layak. Mereka turun memblokade jalan utama di Gresik, jalan Dr. Wahidin SH, yang direspons oleh rejim dengan menurunkan tiga kompi pasukan huru-hara serta dua anjing herder.

Apakah Buruh Perlu Makar?

said iqbal diperiksa makarPemeriksaan polisi terhadap Said Iqbal, Presiden KSPI, terkait dugaan makar sekali lagi merupakan usaha dari yang berkuasa untuk menyerang gerakan buruh. Setiap buruh yang sadar kelas harus menentang tuduhan makar ini, dan bersiap-siap meluncurkan aksi massa untuk menghadangnya kalau sampai para pemimpin buruh mereka ditangkap.

Ulasan Singkat Buku “Nalar yang Memberontak”

coverNalar 3Menulis sebuah ulasan untuk buku ini sangatlah sulit bagi saya. Bukan karena buku ini tidak bisa dipahami, tapi buku ini sangatlah kompleks dan menjabarkan segala hal yang tidak bisa saya jabarkan dalam beberapa lembar saja dalam artikel singkat ini.

Menuju Mogok Nasional dan Penentuan Masa Depan Gerakan Buruh

Mogok JombangIni bukan hanya pertempuran untuk memenangkan satu dua persen kenaikan upah, tetapi juga untuk memenangkan kepercayaan diri kelas dan kepercayaan dari seluruh kelas tertindas lainnya. Di sini akan teruji di hadapan mata seluruh rakyat Indonesia slogan “Buruh Berkuasa Rakyat Sejahtera”.

Mogok Buruh Jombang Direpresi, Kita Butuh Garda Pertahanan Buruh!

Mogok jombang 2015Tindakan represif polisi untuk membubarkan paksa Mogok Daerah Buruh Jombang Rabu kemarin (18/11/15) menunjukkan satu hal, bahwa kita membutuhkan segera pembentukan Garda Pertahanan Buruh. Aksi-aksi yang terjadi dalam 1 bulan terakhir di jalan-jalan protokol Jombang, membuat kelas penguasa lebih siaga dan menyiapkan batalion-batalion penjaga kapital dalam jumlah yang semakin membesar.