facebooklogocolour

Editorial: May Day pada Persimpangan Jalan Dunia

370a94386c6ePerayaan May Day tahun ini mengandung banyak makna bagi gerakan buruh. Pertama, tahun 2017 adalah 100 tahun peringatan Revolusi Oktober, yakni sebuah revolusi megah di tanah Rusia yang meletakkan kaum buruh ke tampuk kekuasaan. Kedua, tahun 2017, walau baru saja dimulai, telah menjadi saksi atas gejolak-gejolak politik tanpa preseden yang menggegerkan tatanan dunia.

Mengapa Kita Harus Mengenal (Karya) Pramoedya Ananta Toer

pramoedyaBerikut adalah ringkasan materi yang disampaikan oleh Yohana Ilyasa dari Militan Indonesia dalam acara diskusi “Pramoedya, Dalam Perspektif Perempuan” yang digelar oleh Taman Baca Kesiman-Bali (7/2).

Buruh Gresik Melawan: Refleksi Aksi 20 Desember dari Seorang Buruh

Buruh gresik Aksi 20 Des 1Pada 20 Desember 2016 massa buruh Gresik dalam jumlah kurang lebih 1000 turun ke jalan untuk menuntut penetapan UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten) 2017 yang layak. Mereka turun memblokade jalan utama di Gresik, jalan Dr. Wahidin SH, yang direspons oleh rejim dengan menurunkan tiga kompi pasukan huru-hara serta dua anjing herder.

Apakah Buruh Perlu Makar?

said iqbal diperiksa makarPemeriksaan polisi terhadap Said Iqbal, Presiden KSPI, terkait dugaan makar sekali lagi merupakan usaha dari yang berkuasa untuk menyerang gerakan buruh. Setiap buruh yang sadar kelas harus menentang tuduhan makar ini, dan bersiap-siap meluncurkan aksi massa untuk menghadangnya kalau sampai para pemimpin buruh mereka ditangkap.

Kamerad Hakam dan Agus Bebas! Perjuangan Terus Berlanjut!

Hakam dan Agus Bebas 2Bung Hakam dan bung Agus telah kembali dengan keluarga mereka, bebas untuk menghirup udara segar dan menikmati terik matahari di bumi Indonesia yang indah ini. Tetapi bumi Indonesia kita yang indah ini dipenuhi dengan penindasan, kekejaman dan opresi, yang berakar dari sistem kapitalisme. Ratusan juta buruh, tani, nelayan dan kaum miskin kota masih belum bebas dari sistem yang memenjara mereka dalam perbudakan upah, yang merantai nasib mereka pada kapital dan anarki pasar bebas. Mari kita lanjutkan perjuangan kita untuk membebaskan buruh dari rantai kapitalisme dan menuju alam Sosialisme yang bebas dan merdeka.

Dukungan untuk Kawan Hakam dan Kawan Agus dari Malang

Malang Bebaskan Hakam dan AgusSebuah acara diskusi terbuka dengan tema ”Persekusi: Menghadapi Kriminalisasi dan Pemberangusan Demokrasi” digelar di kota Malang, kemarin pada 23 April 2016, tepatnya di Warung Komika. Lebih dari 20an orang hadir untuk mengikuti acara ini, yang kebanyakan datang dari kalangan mahasiswa.

Galang Dana Solidaritas untuk Kawan Abdul Hakam dan Agus Budiono

Hakam Agus dipenjaraSaat ini, kedua kawan kita berada di balik jeruji. Selain kebebasan mereka dibatasi, mereka juga kehilangan kesempatan untuk bisa menafkahi keluarga mereka. Inilah cara lain kaum borjuasi menghukum pejuang buruh, yakni tekanan ekonomi terhadap keluarga dari mereka-mereka yang berjuang. Untuk itu, mari kita bantu mereka dengan menggalang dana solidaritas. Donasi bisa ditransfer melalui akun Bank BCA 1130881323 dan BRI 002301021357507 atas nama Novi Yuana. 

Negara Borjuasi dan Hukumnya: Bebaskan Kawan Hakam dan Agus (FSPBI KASBI Gresik) serta 26 pejuang buruh aksi 30-Oktober-2015!

12919877 910304539082365 4318013565902814868 nSetelah hampir dua tahun melawan Pengadilan Negeri Gresik, kedua kawan kita dari serikat buruh FSPBI-KASBI Gresik, Abdul Hakam (yang juga adalah kader Militan) dan Agus Budiono, akhirnya diberikan panggilan untuk melaksanakan putusan 3 bulan penjara mulai Senin ini. Usaha terakhir untuk menuntut peninjauan kembali masih akan dilakukan, tetapi pada akhirnya hukuman penjara ini, cepat atau lambat, hampir pasti harus dijalani oleh kedua kawan kita ini. Kejahatan mereka: berjuang membela kepentingan buruh dan melawan kekuatan modal.

Ulasan Singkat Buku “Nalar yang Memberontak”

coverNalar 3Menulis sebuah ulasan untuk buku ini sangatlah sulit bagi saya. Bukan karena buku ini tidak bisa dipahami, tapi buku ini sangatlah kompleks dan menjabarkan segala hal yang tidak bisa saya jabarkan dalam beberapa lembar saja dalam artikel singkat ini.