facebooklogocolour

Nalar yang Memberontak: Filsafat Marxisme dan Sains Modern

coverNalar 3Oleh Alan Woods dan Ted Grant 

Nalar yang Memberontak adalah sebuah karya yang menjabarkan filsafat Materialisme Dialektis (Marxisme) dari sudut pandang sains moderen. Pertama kali dirumuskan oleh Marx dan Engels, Materialisme Dialektis adalah sebuah metodologi komprehensif yang menjelaskan hukum-hukum yang mengatur alam dan masyarakat, dari evolusi sampai ke teori chaos, dari fisika nuklir sampai ke perkembangan kanak-kanak. Setiap penemuan sains sampai hari ini telah memberikan konfirmasi terhadap filsafat Marxisme. Seperti kata Engels, "Pada analisa terakhir, Alam bekerja secara dialektik."

Baca online di sini atau dapatkan buku ini dari toko-toko buku alternatif.

Program Transisional dan Sejarah Internasional Keempat

Oleh Leon Trotsky (1938)

Buku Program Transisional ini memuat dokumen perspektif politik yang ditulis oleh Leon Trotsky untuk Kongres Pembentukan Internasional Keempat pada tahun 1938. Selain itu, buku ini juga memuat sejumlah dokumen dan artikel yang ditulis oleh Trotsky untuk mempersiapkan pembentukan Internasional Keempat. Selain itu, buku ini juga mengulas sejarah dan perkembangan politik dari organisasi yang dipimpin oleh Trotsky ini dalam melawan Stalinisme.

Baca online di sini atau dapatkan buku ini dari toko-toko buku alternatif.

Revolusi Permanen

Cover Indonesian Permanent Revolution 2edOleh Leon Trotsky (1904, 1928)

Revolusi Permanen merupakan sumbangan terpenting Trotsky bagi Marxisme. Teori ini dikembangkannya pada tahun 1904 menjelang Revolusi Rusia yang pertama. Bertentangan dengan keyakinan umum pada masa itu, dalam teori tersebut Trotsky menyatakan bahwan kelas buruh Rusia mampu merebut kekuasaan. Ketepatan analisa Trotsky terbukti dengan keberhasilam Partai Bolshevik mendirikan negara buruh pertama di dunia.

"Esensi teori revolusi permanen terletak pada gagasan bahwa borjuis kolonial dan borjuis negara-negara terbelakang tidak mampu menjalankan tugas revolusi demokratik borjuis" - Ted Grant

Baca selengkapnya di sini atau dapatkan buku ini dari toko-toko buku alternatif.

Revolusi yang Dikhianati

cover indonesian rev betrayed2

Oleh Leon Trotsky (1936)

Revolusi yang Dikhianati adalah salah satu karya terpenting oleh Leon Trotsky. Penting karena ini adalah analisa Marxis pertama mengenai degenerasi Uni Soviet, dan lebih penting lagi karena ini datang dari seorang pemimpin Revolusi Oktober. Uni Soviet adalah negara buruh pertama di dalam sejarah manusia dan kegagalannya harus dipahami oleh setiap kaum revolusioner yang masih setia dengan cita-cita menumbangkan kapitalisme dan membangun negara buruh. Buku ini jelas akan memberikan pencerahan tersebut dan patut dibaca oleh setiap kaum revolusioner.

Baca online di sini atau dapatkan buku ini dari toko-toko buku alternatif.

Revolusi Iran - Sejarah dan Hari Depannya

cover3Oleh Dr. Zayar

Buku ini mewakili sebuah kontribusi yang penting bagi pemahaman kita tentang revolusi Iran. Pengarang mempunyai segala hal yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugasnya, merupakan seorang partisipan yang menonjol dan berpengalaman dalam gerakan Marxis dan gerakan buruh di Pakistan, dengan hubungan lama yang dijalin dengan Iran maupun Afghanistan. Karyanya ini akan berguna terutama di Barat dimana disitu dipercaya secara universal bahwa revolusi tahun 1979 adalah sebuah gerakan fundamentalis Islam yang dipimpin oleh Ayatullah Khomeini yang mendorong Iran kembali ke abad ke-6. Pandangan ini telah disebarluaskan dengan baik oleh yang berkuasa, yang memiliki sebuah vested interest dalam mendiskreditkan ide dasar revolusi dalam pikiran kelas pekerja di Barat. 

Baca disini. (Hanya tersedia Online)