facebooklogocolour

Hingar Bingar Kematian Fidel Castro

fidel speechSatu bulan setelah meninggalnya Fidel Castro pada 25 November kemarin, alangkah baiknya kita mencoba mengkaji kembali Revolusi Kuba dan reaksi pers borjuis terhadap peristiwa bersejarah ini.

Statemen International Marxist Tendency (IMT) Perihal Wafatnya Fidel Castro

castro funeralAtas nama International Marxist Tendency kami menyampaikan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada rakyat Kuba atas wafat Fidel Castro, pejuang revolusioner yang tidak mengenal lelah yang, bersama dengan Che Guevara, telah memimpin perjuangan rakyat Kuba melawan imperialisme Yankee dan mentransformasi perjuangan pembebasan nasional menjadi perjuangan revolusioner melawan kapitalisme.

Luapan Gerakan Protes Ayotzinapa di Meksiko

unam students hold massive protest over missing ayotzinapa students 6013130Sejak bulan September, Meksiko telah dilanda gelombang protes yang mengguncang seluruh tatanan kekuasaan, yang dipicu oleh dihilangkannya 43 mahasiswa Ayotzinapa. Ratusan ribu kaum muda, buruh, tani, kaum miskin, dan seluruh lapisan tertindas telah tumpah ruah di jalan-jalan, menuntut tidak hanya keadilan bagi 43 mahasiswa yang hilang ini tetapi juga ditumbangkannya pemerintahan ini. Berikut kami sajikan dua artikel analisa mengenai gerakan di Meksiko, dari Alan Woods, dan dari Jorge Martin serta Ubaldo Oropeza, seorang aktivis Marxis di Meksiko.

Piala Dunia 2014: Gelombang Protes dan Mogok di Brasil

brasil-pialaduniaPertandingan Piala Dunia 2014 segera akan digelar di 12 kota di seluruh Brasil. Diperkirakan setengah juta turis akan datang membanjiri Brasil. Namun alih-alih perayaan dan sukacita nasional di negeri dengan tradisi sepakbola yang membanggakan, malah terdapat tekanan sangat besar seiring dengan dimulainya Piala Dunia.

Masa Depan Revolusi Venezuela Setelah Chavez

Pada hari kematiannya, kata-kata ini bergema di pikiranku. Sekarang Hugo Chavez sudah tiada. Masa depan Revolusi Bolivarian dan gerak majunya menuju sosialisme akan bergantung pada kaum buruh, kaum miskin, kaum tani, dan pemuda revolusioner – orang-orang yang telah menjadi daya kemudi revolusi dan telah membelanya dalam semua momen kunci. Segalanya bergantung pada mereka.

Kemenangan Tipis Bagi Revolusi Venezuela – Apa Langkah Selanjutnya?

Kenyataan yang pahit adalah bahwa ini adalah sebuah kemenangan yang sangat tipis, dan harus menjadi peringatan serius untuk revolusi. Sejak 7 Oktober, Revolusi Bolivarian telah kehilangan 680 ribu suara, sementara Capriles meraih jumlah yang sama. Mood di antara massa revolusioner adalah mood sukacita setelah berhasil meraih satu kemenangan lagi, tetapi pada saat yang sama ada mood oto-kritik yang militan.

Selamat jalan, Presiden!

Wakil Presiden Nicolas Maduro, kemarin, mengumumkan berita meninggalnya Presiden Chavez di televisi publik, tak lama setelah kematian Presiden. Wakil Presiden mengumumkan peristiwa sedih ini dari Rumah Sakit Militer di Caracas, tempat Presiden Chavez dirawat.