facebooklogocolour

Setya Novanto dan hukum di bawah kapitalisme

setya novantoDrama penangkapan Setya Novanto seakan-akan tak pernah selesai. Setiap upaya yang dilakukan oleh penegak hukum untuk membawa tokoh penting kasus korupsi KTP Elektronik ini selalu membuat publik terkejut.

Belajar dari Lenin Mengenai Negara dan Revolusi

Labor guard before palaceNegara dan Revolusi merupakan karya polemik mengkritik pandangan kaum reformis dan Anarkis tentang negara. Untuk menolong kelas buruh Rusia dari keraguan dan meyakinkan mereka untuk mengambil tindakan yang tepat di tengah gelombang pasang situasi revolusioner.

Perjuangan Meningkatkan Upah dan Kebutuhan Menghancurkan Kapitalisme

perjuangan UMKSejarah perjuangan upah setua dengan kelas buruh itu sendiri, bahkan perjuangan ini seringkali dihadapkan represi Negara. Kita perlu ingat apa yang diperjuangkan oleh Marsinah 23 tahun yang lalu, saat bersama kawan-kawannya menuntut upah, yang berakhir dengan kematian.

Seputar Masalah Perumahan untuk Rakyat, Pembangunan Yang Tak Imbang

meikarta okk 620x379Harga tanah di Jakarta Timur berkisar mulai Rp. 1,9 juta sampai Rp. 24,3 juta atau dengan harga rata-rata Rp. 7,9 juta. Di Jakarta Barat berkisar Rp. 2,8 juta hingga Rp. 26,7 juta dengan harga rata-rata Rp. 13,2 juta. Di Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat bahkan harga per meternya jauh lebih tinggi. Dengan tingginya harga tanah seperti ini, bagaimana mungkin rakyat kecil dapat memiliki rumah mereka sendiri?

Petani Cabai Jadi Bulan-bulanan Pasar Bebas

Cabai Petani

Kaum tani membutuhkan program ekonomi sosialis terencana, bukan program-program tambal sulam selama ini. Dengan demikian tidak perlu lagi petani dan rakyat konsumen terombang-ambing oleh fluktuasi harga yang disebabkan oleh pasar bebas. 

Ahok dan Pertarungan Faksi-faksi Borjuis Indonesia

ahok vonisDi tengah tontonan politik ini, kelas proletariat akan menarik satu kesimpulan, dan hanya satu kesimpulan, bahwa demikianlah kebusukan dari demokrasi borjuasi. Politik borjuasi dengan drama-drama kotornya, kemunafikannya, segala tipu dayanya, berbagai jebakannya, semua ini harus dibuang ke tong sampah sejarah.

Bukan Usir TKA Cina, Tetapi Usir Kapitalisme!

Aksi lawan PP PengupahanKeteguhan mempertahankan prinsip persatuan kelas buruh yang tidak memandang suku, ras, nasion, dan agama, walau hari ini tampak tidak praktis, akan membangun fondasi gerakan buruh yang lebih kokoh dan militan di hari depan ketika massa buruh mulai bergerak lagi. Alih-alih terseret pada gelombang reaksi ini,  tugas bagi lapisan termaju kaum buruh adalah mengedepankan persatuan kelas dan menunjukkan siapa musuh sebenarnya yang dihadapi: para pemilik modal - asing maupun domestik - serta pelayan-pelayan setia mereka entah dalam pemerintah maupun serikat buruh.