facebooklogocolour

Kebuntuan Sosialisme Bung Karno

bung karno

Bung Karno mengklaim bahwa gagasan Marhaenisme-nya adalah “Marxisme yang dijalankan di Indonesia.” Tetapi, kita tidak pernah kekurangan tokoh-tokoh politik yang mengklaim telah mengadaptasi Marxisme pada kekhususan nasional tertentu.  

Dalam tulisan ini, kita akan telaah bagaimana Marhaenisme jauh dari Marxisme.

Di Balik Teori Konspirasi Virus Korona

konspirasi coronaMeskipun teori konspirasi kritis terhadap status quo, tapi teori ini asing bagi gerakan proletariat.

Alih-alih mengarahkan kemarahan pada sistem kapitalisme dan pemerintahan mereka, teori konspirasi menyalurkan kemarahan pada segelintir konspirator. Teori ini tidak membuat kita memahami masyarakat untuk lalu mengubahnya.

Selengkapnya silakan baca dalam artikel ini. 

Siapa yang harus membayar untuk krisis pandemi korona?

fixed coronaSebagian besar paket ekonomi pandemi ini adalah untuk perusahaan-perusahaan, dan hanya sedikit untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan bantuan langsung ke rakyat pekerja yang kehilangan mata pencaharian mereka.

Bukan hanya itu, setelah pandemi ini berlalu, dengan satu cara atau cara lain, pemerintah di seluruh dunia akan berusaha membebankan biaya krisis ini pada rakyat. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut. 

4 Cara Bagaimana Sosialisme dapat Mengakhiri Pandemi Virus Korona

fixed

Kapitalisme jelas telah gagal. Apa yang kita butuhkan adalah sosialisme, sebuah sistem yang berdasarkan pemenuhan kebutuhan rakyat dan bukan pemenuhan profit. 

Berikut adalah 4 cara bagaimana sosialisme dapat mengatasi pandemi jauh lebih baik dibandingkan kapitalisme.

Nasionalisasi dan Sosialisme “Korona”

fixed sosialisasi coronaSelama epidemi Covid-19, kita membaca banyak berita bagaimana pemerintah dari berbagai bangsa melakukan nasionalisasi dalam usahanya memerangi wabah yang terus meluas dan merusak ini.

Tentunya kaum intelektual Indonesia tidak ketinggalan. Tetapi yang harus diperhatikan adalah kelas mana yang melakukan nasionalisasi ini. 

 

Epidemi Covid-19: Kapitalisme telah gagal!

jas hujan corona

Rezim borjuasi, bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara lain telah gagal mencegah penyebaran virus corona. 

Lalu apa yang dibutuhkan? Baca artikel ini selengkapnya.