facebooklogocolour

Situs Militan Indonesia akan ditutup pada akhir Oktober. Kunjungi situs Perhimpunan Sosialis Revolusioner (revolusioner.org)!

Editorial: Reformasi yang Dikhianati!

MahasiswaJogjaBuruh, tani, kaum miskin kota, dan terutama kaum mahasiswa di seluruh Indonesia tengah bergerak bersama guna menolak sejumlah kebijakan yang jelas represif dan menindas rakyat, di antara lainnya revisi UUK, revisi UU KPK, RUU KUHP, dan RUU pertanahan. Reformasi ini sungguh telah dikhianati. Sekarang waktunya untuk Revolusi!

Rekonsiliasi untuk Siapa dan untuk Apa?

rekonsiliasiKelas kapitalis membutuhkan sebuah pemerintahan yang solid, yang dapat mengantarkan perubahan yang diperlukan untuk memuluskan laju investasi atau kapital. Undang-undang ketenagakerjaan adalah salah satu hambatan tersebut dan oleh karenanya UUK ini akan dihajar, dan bersamaan dengan itu gerakan buruh yang menentang revisi UUK akan jadi kena hajar pula.

Razia dan Sweeping Buku – Mengapa Penguasa Takut terhadap Marxisme?

razia bukuKetakutan kelas penguasa terhadap Marxisme sepertinya tidak pernah usai. Meskipun Partai Komunis Indonesia sudah dihancurkan, mereka masih takut terhadap simbol, gambar dan buku-buku yang mengulas mengenai marxisme dan komunisme. Baru-baru ini terjadi lagi razia buku di Gramedia Makassar. Buku yang dirazia adalah tulisan Franz Magniz Suseno yang isinya justru anti marxis. 

Rakyat Jadi Tumbal “Pesta Demokrasi”

demo bawasluSetelah sampah-sampah yang berserakan di Petamburan dibersihkan, rakyat pekerja hanya bisa kembali ke rutinitas sehari-hari mereka: terperangkap dalam kemiskinan, kesengsaraan, pembodohan, dan degradasi mental tanpa akhir; sementara yang berkuasa – pemilik modal dan perwakilan-perwakilan politik mereka yang bisa kita temui di kedua kubu 01 dan 02 – akan tetap tambun dan sejahtera wal’afiat

Tugas kita setelah Pemilu 2019: Bangun Partai Buruh

buruhbangun partaiSiapapun yang menang dalam pemilu ini, pemerintahan yang ada akan tetap menjadi pemerintahan yang membela kepentingan kaum pemilik modal. Kepentingan pemilik modal hanya bisa dipertahankan dan diperluas dengan mengorbankan kepentingan kelas pekerja. 

Pengalaman Seorang Buruh: Dari Serikat ke Partai Buruh

dari serikat ke partai buruhPembentukan partai buruh akan memberi kesempatan bagi kaum buruh untuk belajar bagaimana memformulasikan dan merealisasikan program perjuangan yang menyasar pada penumbangan sistem kapitalisme.

Kapitalisme Kiamat Bagi Umat Manusia

kapitalismeeeeeKita tidak sedang membahas kiamat versi agama, tetapi kita sedang membahas kiamat yang sengaja dan terus dilakukan oleh kapitalisme. Hanya perubahan besar pada sistem ekonomi politik kita sekarang  yang bisa menangkal masa depan yang suram ini.

Debat Pilpres dan Masalah Reforma Agraria

masalah agrariaReforma agraria telah menjadi jargon kosong yang tidak berarti di mulut politisi. Yang dibutuhkan sekarang sudah bukan lagi reforma agraria tetapi revolusi agraria.