facebooklogocolour

Situs Militan Indonesia akan ditutup pada akhir Oktober. Kunjungi situs Perhimpunan Sosialis Revolusioner (revolusioner.org)!

Selamat Tinggal Militan: Satu Dekade Militan, Tahun-tahun Menginspirasi

72587480 2381347375416906 1998546654759747584 nSepuluh tahun tepatnya situs Militan Indonesia diluncurkan, yakni pada 18 September 2009, dan kini saatnya kami mengucapkan selamat tinggal pada situs ini. Ini bukan akhir dari kerja penyebaran gagasan revolusioner kami, tetapi hanya transisi dari satu tahapan menuju tahapan lainnya. Dengan ditutupnya situs Militan Indonesia, mari kita sambut penggantinya, situs Revolusioner.org (Perhimpunan Sosialis Revolusioner)

Lawan revisi UUK: Buruh jadi tumbal kelancaran Investasi

Gebrak JatimRespons keras rejim pada 16 Agustus kemarin harus jadi sinyal bagi gerakan buruh kalau kita membutuhkan aksi massa yang jauh lebih militan dan masif, karena jelas pemerintahan ini sudah tidak takut lagi hanya dengan demo biasa dan mogok gertak sambal.

Terbakar Hidup-Hidup Demi Profit Majikan

pabrik korek apiAtas nama laba kaum buruh harus meregang nyawa demi majikan. Baik pemerintah, Disnaker, dan birokrat-birokrat ‘gemuk’ serikat buruh tidak ada bedanya. Kerja keras penuh risiko tidak ada artinya bagi mereka.  Mereka tidak peduli anak-anak menjadi yatim piatu, istri menjadi janda atau orang tua kehilangan tulang punggung keluarga. 

Peralihan tahun penuh krisis bagi kapitalisme

world stock exchangeTahun 2018 ditutup dengan penuh kesuraman bagi kelas penguasa. Tahun 2019 menyimpan lebih banyak lagi kejutan ekonomi dan politik, yang merupakan watak dari sistem kapitalisme yang sedang sakit-sakitan ini. Kaum buruh dan muda revolusioner, oleh karenanya, punya satu tugas mulia: tumbangkan sistem ini. Tidak ada jalan lain bagi rakyat pekerja seluruh dunia selain sosialisme. 

Perang Dagang Amerika-Tiongkok, Refleksi Krisis Kapitalisme

perang dagang as chinaSituasi hari ini memberikan kita gambaran kerumitan kontradiksi kapitalisme yang tidak pernah mencapai posisi yang stabil. Tidak akan ada jalan keluar. Yang ada hanya jalan buntu. Kebijakan proteksionis ataupun kebijakan perdagangan bebas tidak akan menyelesaikan masalah krisis yang ada, karena dua kebijakan ini adalah dua sisi pada koin yang sama dari kapitalisme.  

Gempa dan Tsunami Palu-Donggala: Dari Bencana Menjadi Tragedi

gempa paluBerita mengenai penjarahan dan pencurian di kios-kios, toko dan swalayan  yang dilakukan massa yang sedang panik oleh kondisi ini dipoles oleh pers-pers kapitalis menjadi sebuah tuduhan kriminal. Media mendadak menjadi polisi moral bagi tindakan spontan massa yang kekurangan dan kelaparan ini.

Kecelakaan Kerja Akibat Jam Kerja yang Panjang

kecelakaan kerjaKondisi kerja yang tidak aman serta jam kerja yang panjang membuat kecelakaan sangat mudah terjadi. Bila kondisi terus terjadi, maka nyawa buruh lah yang menjadi taruhannya.

Pendidikan Indonesia Di Bawah Kuasa Kapitalisme

pendidikan dan kapitalismeSelama sistem kapitalisme ini masih bertahan, rakyat pekerja tidak dapat mengakses sepenuhnya pendidikan. Pendidikan akan menjadi menara gading yang tak tersentuh.

PHK Menghantui Ratusan Buruh Gresik

korban phk 20150821 145428Pada pertengahan 2018, di salah satu kota padat industri Gresik, sedang berlangsung PHK besar-besaran. Lagi-lagi kelas buruh menjadi tumbal dari krisis ekonomi yang terjadi karena keserakahan kelas kapitalis dalam meraup kekayaan