facebooklogocolour

Perspektif Militan 2018: Krisis Politik dan Tugas Kaum Revolusioner

perspektif 2018Semua yang tampaknya kokoh ternyata kopong, dan roboh begitu saja ketika terhempas angin perubahan yang semakin hari hembusannya semakin kencang. Inilah dunia yang sedang kita masuki hari ini. Berikut dokumen Perspektif Politik Militan 2018.

Perspektif Dunia 2018 Bagian IV

 

big heads hamburgPada analisa terakhir, tidak peduli apapun yang dilakukan oleh kaum borjuasi, entah mereka mengadopsi kebijakan Keynesian, monetaris, proteksionis atau yang lainnya, mereka akan keliru. Di Zaman Pertengahan para pendeta biasa berkata: semua jalan menuju Roma. Sekarang kita bisa mengatakan, di bawah kapitalisme semua jalan menuju kehancuran

Berikut adalah bagian keempat dari dokumen Perspektif Politik Dunia 2018 IMT.

Perspektif Dunia 2018 Bagian III

GettyImages 489129346.0.0Periode yang sedang kita masuki bukanlah periode perdamaian sosial dan stabilisasi kapitalis, tetapi periode kontradiksi yang semakin menajam dan meningkatnya perjuangan kelas

Berikut adalah bagian ketiga dari dokumen Perspektif Politik Dunia 2018 IMT

Perspektif Dunia 2018 Bagian II

RESIZE la hp storygallery middle east conflict

Sementara menyebarnya terorisme berarti barbarisme ini mulai mempengaruhi Eropa yang “beradab”. Ini yang dimaksud Lenin ketika dia mengatakan bahwa kapitalisme adalah horor tanpa akhir.

Berikut adalah bagian kedua dari dokumen Perspektif Politik Dunia 2018 IMT.

 

 

Perspektif Dunia 2018 Bagian I

Financial Crisis

Salah satu elemen terpenting dalam perkembangan kapitalisme adalah persis pertumbuhan produktivitas kerja. Selama 200 tahun kapitalisme telah meningkatkan produktivitas kekuatan kerja manusia sampai ke tingkatan yang tak pernah terbayangkan di masa lalu. Tetapi pertumbuhan ini sekarang telah mencapai limitnya.

Berikut adalah bagian pertama dari dokumen Perspektif Politik Dunia 2018 IMT.

 

Dokumen Perspektif Nasional Militan 2014

buruh-kompas(Berikut adalah dokumen perspektif situasi nasional yang didiskusikan dan disahkan pada Konferensi Nasional Militan ke-4 pada tanggal 13-14 September 2014.) Setelah menyaksikan gerakan buruh yang meledak-ledak sejak 2012, dengan dua pemogokan nasional dan gelombang aksi massa radikal, gerakan kelas buruh ini tampak terinterupsi oleh “karnival” demokrasi borjuasi. Tetapi euforia yang melanda pilpres tahun ini tidak bisa dilihat terpisah dari perkembangan politik yang melahirkan ledakan gerakan buruh ini, tetapi justru adalah ekspresinya yang lebih luas. Ini adalah ekspresi dari kebuntuan kapitalisme secara ekonomi dan politik yang semakin dalam dan akut, terutama sejak krisis finansial 2008 yang tak kunjung selesai.

Perspektif untuk Revolusi Dunia 2014

mesir revolusikeduaBerikut adalah dokumen perspektif dunia 2014, yang didiskusikan dan diratifikasi pada Kongres Dunia  IMT 2014 pada bulan Agustus 2014. Dokumen ini menyajikan analisa umum mengenai situasi ekonomi, politik, dan sosial dunia hari ini dan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh kaum revolusioner.

Dunia yang Bergejolak dan Tugas Kita Hari Ini

(Berikut ini adalah dokumen diskusi situasi internasional yang dipersiapkan untuk Sekolah Marxis Militan pada 16-17 Agustus 2013, yang memberikan gambaran perspektif politik dunia.) Dunia sedang memasuki sebuah periode baru, yakni periode yang dipenuhi dengan revolusi – dan juga konter-revolusi – yang keduanya saling susul menyusul. Inilah kenyataan yang sedang kita hadapi hari ini. Di bulan Juni dan Juli saja, dalam waktu yang sangat singkat, kita saksikan gerakan massa yang besar bertubi-tubi, awalnya di Turki, lalu Brazil, Portugal, dan kemudian lagi di Mesir. Hal seperti ini tidak pernah terlihat dalam 50 tahun terakhir, dan mungkin tidak pernah terlihat dalam sejarah kapitalisme.