facebooklogocolour

castro funeralBerikut adalah pesan atas nama IMT (International Marxist Tendency) kepada para sahabat dan kamerad di Kuba.

Atas nama International Marxist Tendency kami menyampaikan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada rakyat Kuba atas wafat Fidel Castro, pejuang revolusioner yang tidak mengenal lelah yang, bersama dengan Che Guevara, telah memimpin perjuangan rakyat Kuba melawan imperialisme Yankee dan mentransformasi perjuangan pembebasan nasional menjadi perjuangan revolusioner melawan kapitalisme.

Revolusi Kuba telah menjadi sebuah mercusuar bagi massa rakyat tertindas jauh melampai pantai-pantai Kuba. Dalam praktie Revolusi Kuba telah membuktikan keunggulan perekonomian terencana yang dinasionalisasikan, dengan mencapai keberhasilan besar dalam pendidikan, kebudayaan, dan kesehatan, kendati upaya terus-menerus untuk mencekiknya, yang pertama-tama dilakukan secara langsung melalui intervensi militer, kemudian terorisme dan blokade  kriminal dan tidak manusiawi dari waktu ke waktu.

Di sepanjang masa tersebut, sosok Fidel Castro telah memainkan peran vital dalam melawan semua upaya untuk menceburkan Kuba kembali ke rawa-rawa kapitalis. Kepergiannya merupakan suatu kehilangan yang menyedihkan bagi semua orang yang terus membela pencapaian-pencapaian Revolusi dan menentang rencana-rencana imperialisme untuk merestorasi kapitalisme di Kuba dan mengembalikan rakyatnya ke perbudakan.

Kaum imperialis ingin mengeduk keuntungan dari wafatnya Fidel Castro untuk memperbarui serangan-serangan mereka. Cacing-cacing konter-revolusioner dan pengkhianat sedang menari-menari di jalan-jalan di Miami. Bandit reaksioner Trump sedang meludahkan racun kepada Revolusi Kuba. Burung-burung bangkai sedang terbang berputar-putar sekali lagi di atas rakyat Kuba. Tapi ancaman ini hanya akan mengeraskan tekad para pembela Revolusi.

Dalam pertempuran antara kekuatan-kekuatan revolusi dan konter-revolusi, kaum internasionalis proletarian di seluruh dunia, yang berjuang untuk sosialisme di bawah panji tak bernoda dari Marx, Engels, Lenin, dan Trotsky berdiri bahu-membahu dengan rakyat Kuba.

Kamerad-kamerad Kuba! Fidel Castro sudah tiada. Tapi Revolusi Kuba hidup dan berjuang. International Marxist Tendency akan mendukung perjuangan melawan imperialisme dan restorasi kapitalis dengan segala daya yang ada pada kami. Hari ini rakyat Kuba sedang mengalami kedukaan yang mendalam. Tapi besok perjuangan harus dilanjutkan.

Beginilah kiranya semboyan-semboyan kita:

Membela Revolusi Kuba tanpa syarat!

Enyahlah imperialisme dan kapitalisme!

Hidup sosialisme!

Hasta la Victoria siempre! (Sampai selamanya!)

Kaum buruh di seluruh dunia bersatulah!

Alan Woods dan Jorge Martin, atas nama Sekretariat Internasional IMT

London, 30 November 2016

Diterjemahkan oleh Pandu Jakasurya dari “IMT statement on the death of Fidel Castro”, yang ditulis oleh International Marxist Tendency, Rabu 30 November 2016. http://www.marxist.com/imt-statement-on-the-death-of-fidel-castro.htm