facebooklogocolour

Impotensi KTT ASEAN dalam Menyikapi Kediktatoran Militer di Myanmar

jokowi and min aung hlaingSatu-satunya solidaritas sejati yang dapat diandalkan oleh rakyat Myanmar datang dari saudara-saudari kelas mereka di Indonesia dan negeri-negeri lainnya. Jangan percaya pada apa-yang-disebut “Komunitas Internasional”, seperti ASEAN, PBB, dll. Penangkapan yang sewenang-wenang yang dilakukan rejim Jokowi terhadap terhadap aktivis solidaritas Myanmar jelas mengekspos kemunafikan rejim ini, yang berceramah mengenai demokrasi sembari mencekiknya. Kaum revolusioner Myanmar, Indonesia, Thailand, Singapura, dan seluruh Asia Tenggara menghadapi musuh bersama yang sama: kediktatoran kapital.

5 Alasan Mengapa China adalah Kapitalis

cina kapitalisSejak keruntuhan ekonomi 2008 yang melahirkan gejolak perlawanan kaum pekerja di berbagai belahan dunia, gagasan sosialisme kembali dibicarakan. Kaum pekerja dan kaum muda mulai berbondong-bondong mempelajari ide yang digagas oleh Karl Marx dan Friedrich Engels ini. Mereka antusias untuk menggali segala hal yang berbau "sosialisme", salah satunya adalah sosialisme ala Tiongkok. 

Tapi, satu hal perlu diajukan, apakah China/Tiongkok saat ini merupakan negeri sosialis sebagaimana yang diklaim oleh para petinggi Partai Komunis Cina (PKC)? Berikut ini analisa kami. 

Gejolak Revolusi di Myanmar

myanmar coupSegera setelah rakyat menyingkirkan junta militer dari panggung politik, mereka akan dihadapkan dengan realitas keras bahwa tuntutan-tuntutan yang mereka kedepankan – pemilu yang bebas dan jujur, parlemen yang demokratik, pekerjaan untuk semua orang, upah layak, tanah untuk tani, akses universal ke pelayanan sosial – tidak akan bisa dipenuhi dalam batas-batas kapitalisme. Bahkan pelucutan sepenuhnya seluruh kekuatan militer di Myanmar hanya bisa terpenuhi secara efektif dan konsekuen akan membutuhkan langkah-langkah revolusioner di luar batas-batas kapitalisme.

Thailand: Guncangan di Kaki Monarki

demo tailand

Satu-satunya jaminan kemenangan gerakan ini adalah bersandar pada kelas buruh yang bersekutu dengan tani dan kaum miskin kota. Revolusi Thailand selanjutnya akan membutuhkan partai dan program Marxis revolusioner. Benih-benih masa depan revolusi telah hadir di Thailand, yang dibutuhkan sekarang adalah mempersiapkannya.

Kembalinya Gerakan Payung Hong Kong

no ekstraditionDemo ini adalah pertunjukan luar biasa dari kekuatan politik akar rumput di kota di mana penduduk tidak dapat memilih pemimpin mereka tetapi mereka bebas untuk turun ke jalan untuk mengecam mereka. Demonstrasi yang awalnya menuntut agar RUU Ekstradisi dicabut, kini telah berkembang menjadi tuntutan agar Carrie Lam mengundurkan diri.  Tidak menutup kemungkinan akan muncul tuntutan untuk menentukan hak nasib sendiri, di mana embrio untuk ini sudah ada sebelumnya.

Pelajaran dari Pemogokan Nasional India

india strikePemogokan 200 juta buruh India memberi kita sejumlah pelajaran mengenai kekuatan buruh dan tugas-tugas selanjutnya yang harus diemban gerakan buruh.

Timor Leste: 3 Pemuda Terbunuh oleh Brutalitas Polisi

46470539 402333706973068 2105365467823603712 nKekerasan-kekerasan seperti ini akan selalu terjadi selama sistem kapitalisme yang menjadikan akar kesewenang-wenangan ini tetap berjalan. Kapitalisme akan selalu membutuhkan badan bersenjata  (polisi, penjara dan hukum) yang terpisah dari rakyat untuk menjaga ketertiban sistem. Sistem ini akan selalu melahirkan kekerasan.

Timor Leste dan Perjuangan Kemerdekaan yang Belum Tuntas

E Timor07 DJG19990921 IDN Bertepatan dengan 30 Agustus, hampir dua dekade berlalu sejak referendum hak menentukan nasib sendiri berlangsung di Timor Leste kita semua harus bertanya apa yang telah dicapai oleh kemerdekaan ini?

 

Bangladesh Bergolak dengan Ribuan Pelajar Turun ke Jalan

Bangladeshi students protest AFP PhotoRibuan pelajar berusia antara 13 sampai 17 tahun keluar memenuhi jalan-jalan utama di Dhaka Ibu Kota Bangladesh selama lebih dari satu pekan terakhir. Mereka menuntut agar Pemerintah segera membuat regulasi tentang keamanan berkendaraan di jalan. 

Bergabunglah dengan Perhimpunan Sosialis Revolusioner!

Form Pendaftaran

Form by ChronoForms - ChronoEngine.com