facebooklogocolour

Perancis di Ambang Krisis Revolusioner

rompi depan monumenDalam satu bulan gerakan rompi kuning telah menempatkan Perancis di ambang krisis revolusioner. Situasi ini semakin menarik lebih banyak elemen gerakan lain, seperti serikat-serikat buruh, mahasiswa, pelajar-pelajar SMA dan juga pekerja kerah putih. 

Prancis: Gerakan Rompi Kuning dan Rezim Macron yang Rapuh

yellow vestsHeterogenitas sosial dan politik dari gerakan rompi kuning menunjukkan bahwa gerakan ini memiliki akar yang dalam di masyarakat. Ini bukan hanya mobilisasi garda depan kelas pekerja yang paling sadar dan terorganisir. Ini adalah gerakan massa yang telah menarik lapisan sosial lain ke dalamnya. 

Inggris: Kemenangan Untuk Corbyn!

jeremy pride 800x449Jeritan kegembiraan dan sorak-sorai membahana di seluruh negeri ketika tersiar kabar bahwa Jeremy Corbyn telah sekali lagi meraih kemenangan telak dalam pemilihan pemimpin Partai Buruh, dengan mandat yang bahkan lebih besar daripada September yang silam.

Analisa Brexit dan Masa Depan Uni Eropa

BrexitReferendum Brexit beberapa bulan yang lalu telah mengguncang tidak hanya Eropa tetapi seluruh dunia. Di sini kita akan mencoba menyajikan telaah kritis mengenai apa yang terjadi dan bagaimana kaum revolusioner harus merespons masalah Brexit.

Brexit: Misi Varoufakis untuk “menyelamatkan Uni Eropa”

BrexitUni Eropa sekali lagi berada di tepi jurang dengan referendum Brexit yang akan diselenggarakan esok hari (23/6). Tidak ada masa depan bagi rakyat Inggris di dalam dan di luar Uni Eropa selama sistem yang ada adalah kapitalisme. Referendum yang akan datang adalah pilihan palsu dari kelas penguasa, dimana kedua kamp dipenuhi dengan reaksi.

Pelajaran dari Yunani: Kegagalan Reformisme

tsiprasPerdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras baru saja mengumumkan ia akan mengundurkan diri. Ia telah kehilangan mayoritas parlementernya dan SYRIZA mengalami split, dimana Lafazanis, pemimpin sayap kiri SYRIZA, mengumumkan pembentukan suatu partai baru: Popular Unity (Persatuan Rakyat).