facebooklogocolour

Berikut kami terbitkan pernyataan yang dirilis oleh Tendensi Komunis SYRIZA, yakni kelompok faksi IMT (International Marxist Tendency) di dalam SYRIZA, menyikapi referendum dan ancaman Troika terhadap rakyat pekerja Yunani.

 

YUNANI: AMBIL ALIH BANK DAN KEKUASAAN DARI TANGAN PARA PEMERAS!

KATAKAN TIDAK KEPADA “KETENANGAN” YANG PASIF - UNTUK MASSA AKSI DAN LANGKAH-LANGKAH RADIKAL!

 

Penutupan bank-bank selama sepekan dan pemberlakuan pembatasan atas penarikan uang tunai menandai sebuah eskalasi tajam dalam perang teror yang dilancarkan oleh “front hitam” Troika dan oligarki kapitalis terhadap rakyat, dengan tujuan mematahkan semangat dan melemahkan kekuatannya menjelang referendum.

yunani referendum2015Dalam pidatonya, Perdana Menteri Alexi Tsipras mengecam upaya mengancam rakyat dan menganjurkan “ketenangan dan ketenteraman”, menyerukan kepada rakyat untuk tidak panik, tapi tidak menyebutkan langkah konkret apapun untuk mengkonfrontir secara praktis rencana-rencana teroris dari “front hitam.” Permohonan untuk memperluas program pinjaman ELA untuk beberapa hari guna menjaga agar bank-bank tetap buka memperlihatkan bahwa pemerintah belum memahami bahwa Troika sekarang sedang melancarkan sebuah peperangan yang mematikan tanpa belas kasihan sama sekali. 

Tugas pemerintah hari ini adalah merebut bank-bank dari tangan Troika dan kelas penguasa Yunani. Selama bank-bank tetap ada di bawah kontrol Troika dan kelas penguasa Yunani, keamanan upah, dana pensiun, dan simpanan para nasabah kecil sama sekali tidak terjamin, dan berlaku seperti simpul tali yang melingkari leher rakyat, yang menjadi semakin ketat dan mencegah rakyat dari kemungkinan untuk mengekspresikan kehendak mereka secara bebas dalam referendum.

Karena itu tidak bisa ditawar-tawar lagi bahwa seluruh sistem perbankan harus dinasionalisasi secepat yang dimungkinkan oleh hukum. Pemerintah sekarang harus segera mengambil langkah untuk menciptakan sebuah bank negara yang tunggal, yang harus dikelola bukan saja oleh perwakilan-perwakilannya, tapi juga oleh delegasi-delegasi yang ditunjuk oleh para pekerja di sektor perbankan dan dari organisasi-organisasi massa buruh dan rakyat yang berbeda. Ini dalam rangka mendirikan sebuah sistem perbankan yang transparan dan dijalankan untuk faedah sosial, yang bertentangan dengan bentuk manajemen saat ini, yang berorientasi profit, tidak transparan, dan korup.

Namun, langkah krusial menasionalisasi bank-bank mengedepankan tugas mendesak untuk mengambil langkah-langkah radikal berikutnya. Bank-bank telah berutang sangat besar kepada Troika. Suatu utang yang dengan terpaksa harus dipikul rakyat Yunani dalam bentuk utang publik. Guna merehabilitasi bank-bank itu, utang harus dibatalkan. Karena itu, nasionalisasi bank-bank juga harus dibarengi dengan pembatalan utang publik yang “menjijikkan dan tidak sah”, sebagaimana diistilahkan baru-baru ini oleh Komisi Kebenaran parlemen Yunani.

Sebagai tambahan, guna menjamin simpanan para nasabah kecil dan menengah, terutama karena jalur kredit Bank Komisi Eropa kepada bank-bank telah dihentikan, rekening-rekening raksasa korporasi-korporasi besar harus diletakkan di bawah kontrol negara dan masyarakat, dan negara harus mengemban tanggung jawab menjamin agar upah para pekerja mereka tetap dibayar. Jadi, di samping nasionalisasi sistem perbankan, akan menjadi niscaya untuk menasionalisasi semua korporasi besar dengan rekening-rekening bank di negeri ini.

Konsekuensinya, tugas esensial merebut sistem perbankan dari mereka yang mengancam dan memeras rakyat dan meletakkannya ke dalam tangan masyarakat, mengajukan perlunya mengimplementasikan sebuah program yang mematahkan secara komprehensif hubungan dengan kekuasaan ekonomi Troika dan kapital di negeri ini. Tendensi Komunis dari SYRIZA telah mengembangkan sebuah program sosialis semacam ini. Ini merupakan sebuah program yang memadukan langkah-langkah yang dipaparkan dalam program pemilu SYRIZA dengan langkah-langkah anti-kapitalis yang niscaya untuk mengamankan sumber-sumber daya finansial. Implementasi program itu harus segera dimulai.

Ini merupakan tanggapan efektif satu-satunya terhadap perang teror yang dilancarkan oleh “front hitam” Troika dan oligarki kapitalis terhadap rakyat, dan untuk menjamin hak atas ekspresi yang bebas dan demokratis dari pendapat rakyat dalam referendum, juga menciptakan kondisi-kondisi yang mutlak perlu bagi suatu kemenangan yang menentukan untuk “Tidak” dalam referendum nanti

Kepemimpinan SYRIZA wajib menyajikan kepada rakyat suatu rencana aksi yang politik dan programatik yang akan menjamin kemenangan, dan pemerintah harus mengimplementasikannya sekarang. Pada saat yang sama, upaya atau diskusi apapun untuk melakukan “negosiasi-negosiasi” lebih jauh dengan para pemeras ini harus ditolak oleh pemerintah, dan suatu seruan harus dikumandangkan kepada kaum buruh Eropa untuk melakukan mobilisasi dengan sehebat-hebatnya dalam solidaritas dengan rakyat pekerja  Yunani, dengan menghimpun sebuah konferensi pan-Eropa di Athena dari semua organisasi massa buruh dan rakyat untuk mengkoordinasi perjuangan melawan pengetatan dan melawan terorisme finansial.

Kita telah mendapati diri kita terlibat dalam sebuah peperangan kelas yang keras yang telah dikumandangkan terhadap mayoritas rakyat Yunani oleh “front hitam” Troika dan oligarki Yunani. Peperangan-peperangan tidak dimenangkan dengan “ketenangan” yang pasif, tapi dengan militansi dan suatu rencana yang tepat. Sebuah perjuangan yang jaya melawan ketakutan yang coba disebarkan oleh “front hitam” Troika dan oligarki kapitalis di kalangan rakyat menuntut aksi massa yang dimulai hari ini. Serikat-serikat buruh dan SYRIZA harus mengorganisir majelis-majelis massa tiap-tiap hari di semua kota kecamatan dan kotamadya serta menyerukan pembentukan majelis-majelis (perhimpunan-perhimpunan) di semua lingkungan dan tempat-tempat kerja. Komite-komite perjuangan harus dipilih dalam majelis-majelis rakyat ini untuk mengkoordinasi pada level nasional sebuah perjuangan yang terorganisir melawan perang ekonomi dari “front hitam.” Inilah jalan satu-satunya menuju kemenangan!

 

Tendensi Komunis SYRIZA

29 Juni, 2015

 

Diterjemahkan oleh Pandu Jakasurya dari “Greece: Let’s take the banks and the power out of the hands of the blackmailers – No to passive “serenity” – For mass action and radical measures!”