facebooklogocolour

Yunani Syriza 2[Berikut adalah seruan dari Tendensi Komunis Syriza  untuk melakukan peperangan terbuka melawan anasir reformis di dalam Syriza yang telah mengkhianati aspirasi rakyat pekerja Yunani. Dirilis hari Senin, 13 Juli 2015]

Organisir perlawanan massa melawan junta TROIKA, oligarki, dan pemerintah yang berkapitulasi demi menghentikan pengesahan perjanjian austerity oleh parlemen.

Apa yang seharusnya dilakukan para anggota SYRIZA dan Platform Kiri?

Perjanjian memorandum yang ditandatangani oleh perdana menteri di Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa pagi ini – yang menyertakan pemotongan anggaran secara massif, kenaikan pajak yang besar terhadap rakyat, gelombang privatisasi yang luas, serta pemotongan upah dan pensiun – adalah kapitulasi dan ketertundukan terhadap tuntutan-tuntutan TROIKA. Ini juga merupakan pengkhianatan terhadap rakyat yang dengan gagah berani menempuh garis kelas dan memilih TIDAK dalam referendum minggu kemarin.

Pemerintah dan kepemimpinan SYRIZA telah berkapitulasi. Rakyat pekerja dan pemuda tidak akan menyerah. Isu paling krusial saat ini adalah membangun suatu gerakan massa kelas buruh revolusioner berbasis TIDAK demi menghentikan disahkannya memorandum baru oleh parlemen dan menggulingkan junta parlementer “persatuan nasional”.

Apa yang Harus Dikerjakan Sekarang:

1. Pemogokan massa tanpa henti disertai dengan demonstrasi dan rally massa tiap harinya untuk menuntut penolakan terhadap perjanjian tersebut.

2. Organisir pertemuan-pertemuan untuk membentuk dan memilih komite-komite perjuangan di tiap tempat kerja dan di tiap lingkungan rakyat pekerja.

Tendensi Komunis SYRIZA menyerukan pada seluruh anggota SYRIZA untuk mengambil tindakan yang menentukan dalam jam-jam mendatang. Angkara murka anggota kiri harus ditransformasikan menjadi aksi politik dan tidak dibiarkan menguap dan jangan sampai berakhir dengan orang-orang meninggalkan gerakan dengan “kepala tertunduk”. Kita tidak boleh membiarkan klik pemimpin pendusta itu melenggang begitu saja dengan mudahnya setelah mereka menikam punggung rakyat dan jangan sampai kita biarkan mereka menuntaskan pengkhianatannya. Mereka tidak hanya melanggar, namun juga menghancurkan semua prinsip-prinsip pendirian programatik dan ideologis partai. Jidat, lidah, dan tangan mereka bersimbah dengan aib dan dosa terhadap rakyat. Mengobarkan perjuangan penghabisan terhadap para pembohong dan pendusta yang memimpin partai ini bukan sekedar persoalan kehormatan dan harga diri namun di atas segalanya adalah suatu cara untuk menyelamatkan aktivis-aktivis kiri terbaik.

Tendensi Komunis SYRIZA menyerukan pada seluruh anggota SYRIZA untuk menuntut penyelenggaraan pertemuan-pertemuan darurat di ranting-ranting lokal mereka untuk mengadopsi resolusi berikut:

“Perjanjian Memorandum dan rancangan undang-undang yang menyertainya harus divoting TIDAK dan ditolak oleh seluruh anggota parlemen SYRIZA.”

“Anggota-anggota parlemen SYRIZA yang menyetujui perjanjian tersebut dan para pejabat pemerintah yang menerima pelaksanaannya, secara otomatis berarti telah meletakkan diri mereka di luar partai. Mereka tidak boleh diterima di badan partai manapun dan keanggotaannya harus dicabut.”

“Suatu kongres luar biasa partai SYRIZA perlu digelar untuk memberikan kecaman politik terhadap pemerintah dan mengadopsi suatu program, kebijakan, dan memilih pimpinan-pimpinan baru.“

Kami menuntut diselenggarakannya pertemuan Komite Sentral sesegera mungkin untuk mendiskusikan dan mengadopsi resolusi di atas. Kami mendesak agar Platform Kiri mendukung kami dan menuntut para anggotanya memvoting melawan perjanjian pengetatan anggaran ini dan menuntut menteri-menterinya untuk mengundurkan diri dari pemerintah memorandum “persatuan nasional”.

Jika perjuangan penghabisan melawan para pemimpin pendusta sebagaimana dijelaskan di atas kalah maka sayap kiri SYRIZA harus melanjutkan langkah untuk membentuk partai baru berdasarkan prinsip-prinsip politik dan programatik sosialisme ilmiah dan perlawanan yang tegas terhadap reformisme dan sosial demokrasi, yang sekali lagi terbukti bertanggung jawab atas kekalahan-kekalahan dan pengkhianatan-pengkhiatan besar.

Jalannya dan keberhasilan perjuangan penghabisan ini sepenuhnya bergantung pada sikap dan pilihan tendensi Kiri terbesar dalam partai SYRIZA yaitu Platform Kiri. Jika Platform Kiri tidak secara langsung mengadopsi langkah-langkah esensial yang disebutkan di atas, maka ribuan pejuang yang terdemoralisasi akan meninggalkan partai, dan tidak ada lagi yang akan tersisa bagi kaum kiri dan komunis untuk tetap tinggal di dalamnya.

Tendensi Komunis SYRIZA meskipun merupakan tendensi baru dengan barisan dan kekuatan yang masih kecil, telah dan selalu menjadi oposisi yang konsisten dan satu-satunya yang melawan para pimpinan partai yang oportunis. Inilah satu-satunya Tendensi yang mendukung suatu program alternatif dalam kongres pendirian dan dalam semua badan partai lainnya serta menolak pandangan sosial demokratis para pimpinan partai.

Inilah satu-satunya Tendensi dalam Komite Sentral Partai yang melalui para perwakilannya, memvoting menolak semua saran politik para pimpinan partai. Ini bukan dikarenakan “fetishisme ideologi” namun karena dalam saran-saran tersebut tersembunyi benih-benih pengkhianatan di masa depan. Inilah mengapa, Tendensi Komunis SYRIZA merupakan satu-satunya tendensi yang dirampas haknya untuk ambil bagian dalam kertas suara pemvotingan dan anggota-anggota parlemen partai. Pendirian politik Tendensi Komunis SYRIZA yang konsisten inilah, yang bertentangan dengan arus dominan “oposisi” yang malah memilih “abstain” dan memilih “amandemen” yang tidak punya nyali itulah, yang membuat kami bisa menyerukan mobilisasi, aksi, dan organisasi terhadap militan-militan terbaik dalam partai hari ini.

Kamerad-kamerad sekalian, para anggota, pendukung dan pemilih SYRIZA, yang telah berjuang bersama kami selama pemogokan-pemogokan dan demo-demo, di kampung-kampung buruh, di pabrik-pabrik, di kampus-kampus, dalam melawan Memoranda Troika, untuk membela kelas buruh dan rakyat miskin - jauhilah racun demoralisasi dan sinisme!

Memang SYRIZAnya tim pimpinan, SYRIZAnya sosial demokrasi, dan SYRIZAnya karirisme sudah tamat. Namun SYRIZAnya kami, SYRIZAnya anggota-anggota kiri dan para pejuang kelas masih hidup. Kami menyerukan pada kalian untuk memperkuat Tendensi ini. Berorganisirlah dengan Tendensi Komunis SYRIZA, mari kita perjuangkan satu-satunya solusi politik riil yang berpihak pada rakyat pekerja, yakni sosialisme!  Inilah jawaban terbaik bagi para pemimpin reformis pendusta, inilah satu-satunya jalan untuk menjadikan pelajaran berharga pengkhianatan para reformis ini menjadi keputusan untuk bertindak, yang akan menyiapkan pembalasan berupa kemenangan sosialisme sejati.

*Ditulis oleh Tendensi Komunis SYRIZA dan dipublikasikan pada Senin 13 Juli 2015. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Bumi Rakyat dari "The New Agreement - Sellout and Punishmen for the People's NO Vote"